Home » , , » Metode Dakwah Bijak Buya Yahya

Metode Dakwah Bijak Buya Yahya


Dakwah itu lebih tertuju pada metode penyampaian dibandingkan materi, setuju atau tidak? tentu yang berdasarkan atas hati yang sambung kepada Rasulullah Muhammad SAW. dengan hikmah dan kasih sayang, sebagaimana yang dituturkan oleh Fitri Ummu Habibah dalam makalah karyanya Metode dakwah KH. Yahya Zainul Ma'arif. Dia juga memaparkan bahwa metode dakwah yang tersusun khusus adalah sangat diperlukan untuk menarik perhatian masyarakat.

Metode dakwah Buya Yahya sebagaimana yang dijelaskannya, adalah awalnya Buya Yahya merintis dakwah dengan ceramah di berbagai majelis hingga media sebagai tabligh. Kemudian beliau, Buya Yahya melakukan pengkaderan dengan tarbiyah dengan membangun Pondok Pesantren Al-Bahjah yang berpusat di Sendang-Sumber-Cirebon, bercabang Albahjah 2 di Buyut-Gunungjati, Albahjah 3 di Tulungagung, hingga Albahjah 4 di Kuburaya-Kalimantan Barat.

Silaturahim cabang Albahjah:

metode dakwah bijak buya yahya
Pendakwah (da'i) hendaklah bijaksana

Dan hakikat dakwah atau makna dakwah yang sebenarnya adalah segala aktivitas mengajak orang untuk berubah dari situasi yang mengandung nilai kehidupan non islami kepada nilai kehidupan islami. Cara berdakwah tersebut tentu dengan mengajak, mendorong, menyeru tanpa ada tekanan, paksaan dan provokasi, sesuai dengan situasi dan kondisi para penerima dakwah. Maka bisa diambil kesimpulan bahwa metode dakwah itu lebih berpengaruh pada tercapai atau tidaknya tujuan seorang da'i mempengaruhi mad'u, dibandingkan materi dakwah itu sendiri.

Dan faktor berhasil atau tidaknya seorang da'i ada 4 hal : 

  1. Pesan yang relevan dengan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat.
  2. Penampilan yang memiliki daya tarik, meski kualitas dakwahnya sederhana.
  3. Kondisi psikologi masyarakat yang butuh terhadap siraman rohani
    serta persepsi yang positif kepada seorang da’i.
  4. Kemasan dakwah yang menarik seperti; kesenian, stimulasi, ataupun program
    pengembangan masyarakat, yang mengundang respon positif dari mereka.

Maka setiap umat Nabi Muhammad mendapat tugas dakwah untuk menyampaikan risalah beliau, baginda Rasulullah SAW., selama hayat masih dikandung badan maka marilah bergabung, siapapun anda, yang pejabat dengan jabatannya, orang kaya dengan hartanya, anda ahli ilmu dengan ilmunya, hingga yang tidak punya apapun bisa dengan do'a dan dukungan semampunya, yang intinya jangan sampai tertinggal dari rombongan dakwahnya Rasulullah SAW.

Media dakwah Albahjah - Buya Yahya










RadioQu Network http://radioqu.com/

Thanks for reading & sharing Blog Muhzadit | Info Online Indonesia

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungannya. Pengunjung bijak, tinggalkan jejak

Stats Widget


Dapatkan artikel terbaru gratis dari sini

Kabar Muh Zadit